Wednesday, August 29, 2018

The Vow ~Film Amerika~

Sekarang aku ingin membahas film Amerika berjudul The Vow yang dirilis tahun 2012. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang dialami pasangan suami istri Kim dan Krickitt Carpenter. Kim menulis buku tentang pernikahan mereka yang diberi judul The Vow. Ceritanya, setelah 10 bulan menikah, mereka mengalami kecelakaan mobil. Krickitt mengalami trauma otak yang menghapus semua kenangannya bersama Kim dan Kim masih sangat mencintai istrinya walaupun kini istrinya memandangnya seperti orang asing.

Para pemain :

Rachel McAdams sebagai Paige Collins
Channing Tatum sebagai Leo Collins
Jessica Lange sebagai Rita Thornton, ibunya Paige
Sam Neill sebagai Bill Thornton, ayahnya Paige
Jessica McNamee sebagai Gwen Thornton, saudaranya Paige
Wendy Crewson sebagai Dr. Fishman
Tatiana Maslany sebagai Lily
Lucas Bryant sebagai Kyle
Scott Speedman sebagai Jeremy
Joey Klein sebagai Josh
Joe Cobden sebagai Jim
Jeananne Goossen sebagai Sonia
Dillon Casey sebagai Ryan
Shannon Barnett sebagai Carrie
Lindsay Ames sebagai Shana
Kristina Pesic sebagai Lizbet
Britt Irvin sebagai Lina
Sarah Carter sebagai Diane
Rachel Skarsten sebagai Rose

Sinopsis lengkap :

Film ini diawali dengan keceriaan pasangan Leo dan Paige sepulang nonton film, mereka agak mengeluh melihat salju yang sudah menebal menutup jalan dan mobilnya. Di tengah jalan yang dingin dan sepi, Paige membuka sabuk pengamannya dan mulai merayu Leo, mereka akhirnya berciuman. Tanpa mereka sadari, sebuah truk menabrak mereka dari belakang dan akibat dari benturan itu, Paige terdorong ke depan hingga memecahkan kaca mobil. Keduanya dibawa ke ruang gawat darurat. 

Terdengar suara Leo sebagai narasi dan menyatakan bahwa kecelakaan itu telah mengubah hidupnya. Digambarkan bagaimana Leo pertama kali bertemu Paige, berkencan, melamar dan akhirnya menikahinya. Semuanya begitu indah hingga akhirnya kecelakaan itu mengubah segalanya. Kini Leo harus berjuang agar Paige bisa mengingatnya dan saat indah bersamanya ketika sebelum terjadi kecelakaan.

Ketika Paige siuman, dia tidak mengenali Leo. Paige mengira bahwa Leo adalah dokter yang merawatnya. Leo agak kesal dan dokter mengatakan bahwa trauma kepala tidak bisa diprediksi dan hal itu normal terjadi bila Paige tidak bisa mengingat kejadian sebelum kecelakaan. Leo tak menyangka bahwa kecelakaan yang mereka alami bisa berakibat fatal bagi ingatan Paige.

Paige membangunkan Leo yang tertidur di sofa rumah sakit dan mengatakan kalau dirinya lapar. Mereka pergi ke kantin dan Paige sengaja menanyakan beberapa hal pada Leo. Paige bingung seolah gambaran yang diceritakan Leo tentang dirinya adalah bukan dirinya. Leo berusaha sabar tapi dia mengeluh pada para sahabatnya dan mereka menyemangati Leo agar tak mudah menyerah. 

Esoknya, ketika datang menjenguk, Leo heran melihat kamar istrinya yang kosong. Ternyata Paige sudah dipindah ke kamar VIP oleh kedua orangtuanya, mereka tampak tidak suka melihat kehadiran Leo bahkan ayah Paige sempat mengomeli Leo karena tidak mengabari mereka tentang keadaan putrinya. Mereka bersikeras membawa Paige pulang tapi Leo menolak karena sekarang Paige adalah istrinya. Dokter menyarankan agar mereka semua pulang dan membiarkan Paige beristirahat.

Paige heran menyadari bahwa Leo belum pernah bertemu kedua orangtuanya. Leo menceritakan bahwa hubungan Paige dengan kedua orangtua terutama ayahnya tidak harmonis karena sering berbeda pendapat. Leo mencoba membujuk Paige agar bersedia pulang bersamanya tapi Paige enggan karena Leo tidak punya bukti bahwa mereka saling mencinta atau sudah menikah. Leo hanya bisa menghela nafas melihat Paige yang pergi meninggalkannya.

Rita, ibunya Paige senang melihat putrinya sudah berkemas dan bersedia pulang bersama mereka. Dokter datang untuk menyerahkan SIM-nya dan melarang Paige menyetir sebelum mendapat izin darinya, kemudian dokter pergi. Mereka bersiap pulang dan Leo muncul dengan nafas terengah untuk menyerahkan bukti rekaman suara percakapan mereka tapi Leo pesimis melihat ekspresi Paige yang biasa saja. Leo kembali membujuk dan kali ini Paige memilih untuk pulang bersama Leo. Paige membujuk orangtuanya bahwa dia akan pulang bila tidak betah dan mereka mengizinkan Paige pergi dengan setengah hati.

Leo akhirnya membawa Paige pulang dan di rumah sudah menunggu semua sahabat mereka untuk merayakan kepulangan Paige tapi tampaknya Paige tidak menyukai kejutan itu dan menghindar. Leo merasa tidak enak ketika mengantar para tamunya pulang tapi mereka bisa mengerti. Leo menemui Paige yang memeriksa barang-barang yang ada di kamar mereka dan Paige mengungkapkan kekesalannya karena dia merasa seperti orang bodoh ketika bertemu dengan banyak orang di tempat yang menurutnya asing. Leo minta maaf tapi Paige minta waktu untuk sendiri, terpaksa malam itu Leo tidur di sofa.

Paginya, mereka tampak canggung ketika Leo tak sengaja masuk kamar dalam keadaan polos. Paige menolak ketika Leo berniat mengantarkannya ke studio dengan alasan masih ingin mempelajari situasi. Akhirnya Leo meninggalkan Paige setelah menjelaskan hal-hal yang biasa dilakukan Paige sebelum kecelakaan. 

Setelah suaminya pergi, Paige mulai memeriksa isi rumah dan dia menemukan video pernikahan lalu memutarnya. Paige memutuskan pergi ke cafe langganan dan memesan kue. Sementara Paige keluar dari cafe, di seberang jalan Leo sedang membeli bunga untuk Paige. Mereka berbeda arah sehingga tidak bertemu. Leo pulang dan tidak mendapati istrinya lalu pergi mencarinya setelah Leo tahu bahwa Paige pergi tanpa membawa ponselnya. Paige yang mulai kebingungan karena tidak tahu arah pulang akhirnya menelpon ibunya.

Leo sedikit lega sekaligus cemburu ketika melihat Paige pulang dengan wajah ceria karena seharian jalan-jalan bersama ibunya. Paige mengatakan bahwa orangtuanya mengundang mereka makan malam, Leo enggan tapi terpaksa ikut karena dokter melarang Paige menyetir sendiri. Di sepanjang perjalanan menuju rumahnya, Paige mampu mengingat semua detail dan suasana di sekitar rumahnya. Leo hanya diam ketika Paige menjelaskan apa yang dia ingat.

Suasana makan malam itu tidak terlalu menyenangkan bagi Leo terutama ketika Leo mengikuti Paige dan Gwen, adik Paige berserta kekasihnya pergi ke klub. Leo merasa diabaikan karena Paige bisa mengingat semua teman dan kenangan bersama mereka, bahkan Paige juga bertemu dengan Jeremy, mantan tunangannya. Paige asyik ngobrol bersama teman-temannya dalam satu meja sedangkan Leo hanya berdiri canggung seperti seorang pelayan yang menunggu pesanan.

Leo curhat kepada Lily di studio bahwa dia sebal karena sekarang Paige menganggap Jeremy sebagai tunangannya dan mengacuhkannya. Lily menganjurkan agar Leo mencoba sesuatu yang bisa membuat Paige senang, Leo tidak ingin menjawab karena itu hal pribadi tapi Lily berjanji tak akan mengejek. Leo menjawab kalau Paige suka dikelitik karena hal itu bisa membuat moodnya mencair. Lily menyarankan agar Leo mencobanya dan Leo menurutinya. 

Sementara itu Paige muncul di ruang kerja Jeremy dan bertanya apa yang sebenarnya terjadi dengan mereka. Jeremy menceritakan bahwa Paige yang meninggalkannya dan mengembalikan cincin pemberiannya karena tidak yakin padanya. Kini Jeremy telah menjalin hubungan dengan Rose, teman Gwen. Paige tersenyum dan memeluk Jeremy seolah ingin menyakinkan sesuatu mereka berciuman tapi kemudian menjadi salah tingkah dan saling minta maaf.


Leo mendapati Paige sedang berkutat dengan banyak foto, dia ingin mengingat semuanya tapi rasanya sulit. Leo mencoba menenangkannya dengan memijit kemudian Leo sengaja mengelitik dan Paige langsung menjerit. Leo tampak kecewa dan Paige agak bingung tapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa dan saling menjauh. Beberapa waktu kemudian Paige minta diantar ke studionya dan Paige terkejut melihat isi studionya. Leo menjelaskan dan meminta Paige mencoba menyelesaikan salah satu karyanya, Leo bahkan menyetel musik kesukaan istrinya tapi Paige malah berteriak marah dan minta musiknya dimatikan. Kesabaran Leo kian menipis dan dia ikutan marah lalu pergi.


Leo pulang dan membelikan kue kesukaan Paige tapi dia mendapati istrinya sedang berkemas. Leo curiga saat mendengar suara di kamar mandi dan bertanya apakah ada orang lain di rumah mereka. Bill, ayahnya Paige muncul dan mengatakan ingin menjemput putrinya. Bill beralasan bahwa Gwen sedang sibuk mempersiapkan acara pertunangan dan pernikahannya sehingga Paige bisa membantu adiknya. Leo masih mencoba menghalangi dengan menanyakan tentang pekerjaannya tapi Paige sudah menghubungi pihak Tribune dan ayahnya bersedia membayar ganti rugi. Leo hanya bisa pasrah melihat istrinya pergi ke rumah orangtuanya.


Paige pergi kontrol ke dokter ditemani ibunya. Rita senang karena kondisi putrinya sudah membaik tapi dokter masih kurang yakin dan minta waktu untuk ngobrol berdua dengan Paige. Dokter ingin memastikan apa yang sebenarnya diinginkan oleh Paige tentang ingatannya. Apakah Paige ingin ingatannya kembali atau tidak, dan apa yang ditakutkan oleh Paige. Sementara itu, Leo minta izin pada Lily karena dia ingin menemani Paige di rumah orangtuanya. Lily tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Leo dan Paige.


Leo bertemu dengan Paige di sela acara pesta pertunangan Gwen dan Leo mengajak Paige untuk berkencan seolah mereka baru pertama kali bertemu, tanpa ragu Paige menyanggupinya. Leo menunjukkan tempat pertama kali mereka bertemu lalu makan di cafe langganan dan terakhir pergi ke danau. Setelah puas bersama, sesuai janjinya, Leo mengantarkan Paige pulang ke rumah orangtuanya. Paige tampak canggung saat Leo mengatakan dirinya mencintai Paige.


Paige masuk rumah dan bertemu dengan Gwen. Gwen menebak Paige baru saja kencan dengan Jeremy tapi Paige meralat bahwa dirinya pergi dengan Leo. Gwen tersenyum senang tapi Paige justru menangis karena dia bingung dengan dirinya sendiri. Gwen memeluk kakaknya untuk menenangkannya. Leo yakin bahwa Paige masih mencintainya dan dia ingin memastikan hal itu tapi para sahabatnya melarang. Mereka ingin Leo memberi waktu untuk Paige tapi Leo tidak mengerti mengapa harus menunggu lama bila dia tahu isi hati istrinya.


Di acara pernikahan Gwen, Leo merasa seperti orang asing dan diabaikan tanpa teman. Bill menghampiri Leo yang melamun sendirian dan menawarkan minum. Bill ingin mengambil alih Paige dan dia bersedia membantu asal Leo mau menceraikan putrinya. Leo menolak keinginan Bill lalu pergi dengan kesal. Leo kian sewot saat Jeremy datang dan mengoloknya. Leo tidak tahan dan akhirnya meninju Jeremy hingga pria itu terjatuh. Paige tidak suka melihat kejadian itu dan Leo menumpahkan semua isi hatinya pada Paige kemudian pulang dengan langkah gontai.


Leo menyerah, dia tidak ingin lagi memaksakan perasaannya pada Paige yang kini tidak mengingat dirinya atau cintanya. Leo membersihkan studio tempat kerja Paige, dia bahkan setuju menandatangani surat cerainya dengan Paige.


Paige sedang di toko ketika melihat seseorang dan memanggilnya Diane. Diane menyapa dengan ragu dan mengatakan sesuatu yang membuat Paige menyadari sesuatu. Diane langsung pergi setelah mendengar suara Gwen. Paige memandangi adiknya dan Paige kesal karena adiknya ikut menyembunyikan hal itu darinya.  Paige langsung pergi tanpa menghiraukan panggilan adiknya. 


Rita menyapa putrinya tapi Paige malah membanting sepedanya dan marah pada ibunya karena menyembunyikan sesuatu darinya. Ternyata hal yang menyebabkan Paige kabur dari rumah adalah karena ayahnya berselingkuh dengan Diane, temannya sendiri. Paige marah karena ibunya hanya diam saja. Rita beralasan bahwa dirinya sempat ingin pergi tapi dia berubah pikiran karena ingin keluarganya utuh. Rita memilih tetap bersama Bill karena sudah banyak hal baik yang dilakukan pria itu untuk dirinya. Rita memaafkan suaminya dan tak akan meninggalkannya hanya karena sebuah kesalahan. Paige tidak bisa mengerti dan memilih pergi.


Paige menemui Leo, dia bertanya apakah Leo tahu tentang perselingkuhan ayahnya dan Leo mengiyakan. Paige kembali bertanya mengapa Leo tidak menceritakan padanya. Leo menjelaskan bahwa dirinya ingin menceritakan hal itu tapi tidak dilakukannya karena tidak baik memisahkan Paige dengan keluarganya. Leo mengakui kalau dirinya mencintai Paige tapi tak ingin melakukan hal yang buruk. 


Paige memulai hidupnya dari awal lagi tapi dia memutuskan berhenti kuliah hukum dan ingin hidup mandiri, Bill agak keberatan tapi Paige mengatakan bahwa dia tidak akan meninggalkan keluarganya, dia hanya ingin mandiri. Saat Jeremy mencoba menjalin hubungan kembali dengan alasan bahwa dia sudah berpisah dengan Rose, Paige menolak karena dia menganggap Jeremy hanya sebagai kenangan bukan masa depannya.


Leo kini tetap tinggal sendiri bersama kucingnya dan menekuni bisnis rekamannya sementara Paige kembali menekuni dunia seni, dia menghiasi apartemennya dengan lukisan ditemani oleh Gwen yang kini sedang hamil. Paige membuka kembali kardus yang berisi barang-barang miliknya dan menemukan daftar menu yang berisi tulisan janji pernikahannya dengan Leo. 


Malam itu salju turun dan Leo agak kecewa ketika melihat cafe langganannya tutup tapi ketika berbalik, dia melihat Paige sudah berdiri di belakangnya sambil tersenyum. Leo senang tapi pura-pura kaget melihatnya. Paige cerita kalau beberapa bulan yang lalu dirinya pindah ke daerah ini dan mulai ikut sekolah seni lagi. Leo terharu mendengarnya terutama ketika Paige mengatakan bahwa semua itu berkat Leo. 


Paige mengusulkan agar pergi ke suatu tempat dan Leo mengira kalau Paige sudah mengingat sesuatu tapi Leo harus kecewa karena ternyata Paige belum mengingatnya. Mereka sama-sama senang setelah mengetahui bahwa mereka masih sendiri dan tidak berhubungan dengan orang lain sejak mereka berpisah.

Adegan favoritku :

Ketika Paige mengingat tentang alasannya pergi dari rumah karena perselingkuhan ayahnya dengan temannya sendiri dan ibunya hanya memilih diam seolah tak pernah terjadi apapun. Paige memarahi ibunya tapi Rita beralasan bahwa dirinya tetap tinggal karena menyayangi anak-anaknya. Rita mengingat semua kebaikan yang telah diberikan suaminya selama ini makanya Rita memutuskan untuk tidak meninggalkannya hanya karena sebuah kesalahan dan memaafkannya. Kurasa hampir semua wanita di belahan dunia ini selalu memilih untuk diam dan memaafkan kesalahan perselingkuhan suaminya demi anak-anak dan keutuhan keluarga. 

Hikmah yang bisa diambil dari film ini :

Melupakan adalah hal yang biasa dilakukan oleh setiap orang tentang sesuatu yang tak disukai atau yang tak menyenangkan hatinya. Ada beberapa kasus seperti dalam film ini, setelah mengalami kecelakaan, Paige justru melupakan sesuatu yang indah yaitu kenangan pernikahannya dengan Leo. Kalau aku ada di posisi Paige akan stress dan merasa aneh karena kenyataan dan apa yang diingatnya jauh berbeda. Butuh kesabaran yang luar biasa bila orang yang dikasihi menderita seperti Paige itulah yang dilakukan Leo, tetap sabar, setia dan tidak memaksa Paige untuk mengingat dirinya. 

Aku tertarik saat Paige memeriksakan diri ke dokter dan dokter agak heran karena Paige dinyatakan sehat tapi masih belum bisa mengingat semuanya. Dokter bertanya apakah Paige ingin ingatannya kembali dan Paige menjawab iya. Dokter mengatakan bahwa ada beberapa pasien yang tidak ingin ingatannya kembali karena takut mengingat kecelakaan yang dialaminya. Paige kembali menjawab bahwa dia tak takut pada kecelakaan yang dialaminya, dia hanya takut bila kenangannya itu tidak disukai atau malah terlalu disukainya. Dan memang benar, kenangan bersama Leo adalah hal yang menyenangkan bagi Paige makanya Paige takut mengingatnya. 

Komentarku :

Film ini cukup menarik karena diadaptasi dari kisah nyata bukan hasil rekaan. Menurut yang aku tahu, hingga kini pasangan suami istri Kim dan Krickitt Carpenter hidup bahagia dengan kedua putra putrinya walaupun Krickitt masih belum mampu mengingat kembali tentang masa lalunya bersama seuaminya sebelum kecelakaan terjadi.

Kurasa inti cerita dari film ini adalah kalau jodoh tidak akan lari kemana. Leo tidak lelah untuk mencoba mengingatkan Paige tentang kebersamaan mereka dan tidak memaksakan kehendaknya ketika melihat reaksi Paige yang menganggapnya seperti orang asing. Leo justru memberikan ruang dan membiarkan Paige menjauh demi kebaikan mereka. Penantian Leo berbuah manis karena pada akhirnya Paige yang datang padanya dan mereka memulai dari awal lagi seolah kenangan yang lalu terhapus berganti dengan lembaran baru yang lebih baik.


Aku hanya ingin menambahkan tentang karakter Rita, ibunya Paige yang sangat menyayangi keluarga dan memaafkan perselingkuhan suaminya. Ternyata memang sudah "kodratnya" bila wanita disakiti dan dikhianati maka dia akan memilih diam dan memaafkan. Wanita cenderung menutup rapat "sakit hatinya" demi keutuhan keluarganya. Kelihatannya memang naif tapi kalau aku berada di "posisi" Rita, aku mungkin akan melakukan hal yang sama yaitu "berkorban" karena pada akhirnya Bill menyadari kesalahannya dan "kembali" pada keluarganya. Pertanyaannya apakah pria atau suami akan memilih diam dan memaafkan istrinya bila istri atau kekasihnya ketahuan berselingkuh atau "dituduh" berselingkuh? Entahlah...

Review Film Menarik Lainnya

0 comments:

Post a Comment